Sabtu, 11 Januari 2020

friksi matik - Relay Logic

Azst cetak DTG | Azst Apparel print | print DTG jogja

Terimakasih telah berkunjung ke blog kami, DIY perakitan printer DTG jogja - diyflatbedprinter. share tutorial dan info gratisan.

print dtg
azst apparel print


Mulai ngeblog lagi setelah sekian lama vacum, kali ini akan share sebuah rangkaian tambahan untuk printer modifan DTG yang masih friksi ( gesekan As dengan karet sebagai penggerak flaten ).

Rangkaian ini adalah penyempurnaan dari beberapa experimen Try and error dari rangkaian automatic friksi maju- mindur -stop dengan swich pada postingan sebelum ini.

Artikel ini sudah di post di IG @kamusdtgjogja bagi yang ingin lihat bisa juga lihat di postingan Instagram, hanya saja untuk keterangan lengkap saya share menggunakan artikel di blog saja. Pada artikel ini saya coba merangkum menjadi satu kesatuan.

Langsung saja, berikut rangkaian skema DC motor 12v di kendalikan dengan relay logic 12v dc 

dc relay logic





































Keterangan Skema :
Skema rangkaian ini terdiri dari 3 bagian yaitu bagian penggerak motor DC (cw, ccw, stop). Rangkaian pengunci dan rangkaian protector agar tidak terjadi konsleting pada relay.

Cara kerja Skema :
Secara bersamaan jika tombol maju (cw) ditekan, otomatis arus DC dari printer PF motor (DC Motor) dan digantikan dengan arus DC dari power adaptor 12v. pada penerapannya bila tombol di tekan, maka tombol aktif terus sampai tombol reset di tekan, dalam hal ini tombol reset digantikan dengan limit switch. begitu pun sebaliknya bila tombol mundur (ccw) ditekan, maka arus akan men-drive motor DC berputar balik arah.

Fungsi relay protector adalah bila salah satu tombol ditekan maka tombol yang lain akan mati ( non aktif) selama tombol ditekan, walau pun sengaja ditekan berbarengan.

Ada dua macam tipe tombol (push button) yaitu, tipe NC (normaly close) dan tipe NO (normaly on) kegunaan nya untuk tombol maju dan mundur (cc & ccw) menggunakan tombol tipe NO (normaly open). Dan untuk tombol reset menggunakan tipe NC (normaly close) lihat perbedaannya pada skema. Pada penerapannya tombol reset NC bisa di gantikan dengan limit switch.

Limit switch di pasangkan di posisi depan dan belakang berfungsi men-switch off (reset ) ketika DC motor maju dan atau mundur mendorong laci flatbed keluar / masuk, maka limit switch akan memutuskan rangkaian jika tertekan oleh laci flatbed.


Untuk penerapannya bisa dilihat di video, dan anda harus memahami keterampilan dibidang ini electronik dan minat dalam modifkikasi printer. mengikuti tutorial ini tidak ada jaminan anda akan berhasil, akan tetapi bila anda terus pelajari dan memahami dari skema rangkaian ini, anda pasti bisa melakukannya. Pengetahuan yang anda milikilah sebaik-baiknya kemampuan.

Video tes tanpa rangka :


Video setelah terpasang pada rangka :


Video test prit printer sudah terpasang rangkaian dari skema friksi matik - relay logic  dengan 2 tombol:


Bahan bahan yang di perlukan adalah :

Relay HRS 2H 12V 8 kaki = 6 biji
 

Relay SRD 12V 5 kaki = 2 biji
 

limit switch = 2 biji
 

tombol push tipe NO = 3 biji










kabel AWG / kabel warna minimal 4 warna
 


adaptor cctv 12v 2a













Demikian Artikel singkat semi tutorial. jangan berhenti untuk belajar, mencari tahu lalu ber eksperiment dan menjadi sesuatu. Salam DTG hacking!

2 komentar:

  1. Mantap,,,
    Bang klo motornya di ganti pake motor besar apa bisa?
    Dan klo di rubah pake henbel apa bisa?

    BalasHapus
  2. Beda gan. Kalo pake motor besar harus pake controller. Minimal arduino.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung pada Blog kami.