Sabtu, 18 Maret 2017

Rahasia Merakit Printer DTG (part 2)

Kembali menulis lagi, setelah sekian lama karena kesibukan sehingga mengikis waktu untuk berbagi, kali ini saya akan meneruskan cara membuat printer DTG yang fenomenal. 

Sebelumnya sedikit me-refresh apa itu Printer DTG; adalah dari arti DTG = direct to garment, sedang menurut pengertiannya, adalah alat / mesin printer yang dapat mencetak dari komputer langsung ke media kain / garment tanpa proses sablonasi screen, tanpa proses transfer sublimasi.

mengapa saya katakan fenomenal, ya! semenjak booming di tahun 2008 trend digital printing khususnya print garment terus meningkat sampai di tahun 2014 dan berjalan melambat hingga tahun 2016, mengapa saya katakan demikian, adalah alasannya selain trend DTG semakin me-nasional dan para vendor perakit mesin menjadi bertambah banyak dengan harga yang sangat bervariasi dan juga para pengusaha garment yang bertambah banyak untuk tertarik dan terjun langsung menjadi pemain DTG. Akan tetapi iklim perekonimian sedikit kurang stabil yang berimbas pada daya saing dan daya pikat semakin mengendur, berakibat harga suku cadang meningkat, akibatnya harga mesin DTG pun meroket.

Lupakan cuap-cuap saya diatas, ini serius saya akan memberikan secara gratis rahasia merakit printer DTG. Tujuannya adalah membagi pengalaman saya sebagai pengrajin modifikasi printer flatbed DTG, walaupun sudah banyak tutorial yang mengangkat cara merakit printer DTG baik dari blog, vblog, forum dll. Hanya sedikit berbagi pengalaman.

Rahasia yang utama adalah  cara membuat rangka printer, sedikit ulasan ; ada beberapa bahan yang umumnya digunakan oleh para modifikator, diantaranya adalah kayu / wood / multiplek, allumunium, dan metal / besi. terdapat plus minus dari ke tiga bahan tersebut, akan tetapi saya tidak akan membahasnya, karena saya lebih memilih bahan- bahan tersebut semuanya disesuaikan dengan fleksibilitasnya. Untuk rangka printer saya gunakan bahan metal / besi.  

simak baik-baik gambar dibawah ;
teguh flatbed printer
Rangka flatbed printer

















Penjelasannya;

bahan adalah besi balok diameter 2x2cm 
ukuran dalam 33cm (penting harus ukuran 33 cm untuk tipe printer A3)
silahkan di save gambar diatas dan di print lalu diberikan pada tukang las, katakan pada tukang las agar dikerjakan dengan se presisi mungkin.

bersambung...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar